Pemanfaatan Marketplace Untuk Membantu Perluasan Area Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar

Authors

  • Aidil Fitriansyah

Keywords:

Marketplace, Internet, UMKM, Media Sosial

Abstract

Internet dapat digunakan sebagai sarana pemasaran jasa atau produk yang ditawarkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Masih banyak pemilik UMKM yang belum memahami pentingnya teknologi informasi  internet. UKM perlu memanfaatkan TI untuk meningkatkan area pemasaran, mengingat di era globalisasi karena persaingan semakin kompetitif, dan bersifat mendunia. Salah satu strategi untuk meningkatkan area pemasaran UMKM adalah dengan melalui pemanfaatan TI. Desa Koto Mesjid adalah salah satu desa yang berada di kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau dimana masayaraktnya memiliki Usaha kecil yang dijalani yaitu usaha budidaya ikan patin sehingga desa ini memiliki julukan kampong patin. Proses pemasaran produk yang dijalani oleh sebagian masyarakat ini hanya dilakukan melalui penjualan secara langsung dan terkadang di titipkan ke toko, baik yang ada di Kota Bangkinang maupun diluar daerah. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah ceramah, penyuluhan, diskusi, dan praktek menggunakan fasilitas Internet. Materi yang disampaikan meliputi beberapa bagian, yaitu : Menjelaskan fasilitas internet yang dapat dijadikan sebagai media promosi produk yang dihasilkan oleh UMKM,  mengunakan facebook, Tokopedia dan bukalapak untuk membuat pemasaran, menggunakan fasilitas media sosial (Facebook) dalam mempromosikan produk yang dihasilkan oleh UMKM. Dengan telah dilaksanakan diperoleh hasil yaitu: kegiatan ini telah dapat memberikan pengetahuan kepada UMKM yang ada dalam hal pemasaran dengan menggunakan Teknologi Informasi, telah terselenggaranya Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakt di Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Kota Kampar Kabupaten Kampar.

Published

2023-09-09